Senin, 14 Agustus 2017

Bagaimana Cara Merawat Motor Injeksi Agar Tidak Cepat Rusak?

Cara Merawat Motor Injeksi Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Motor Injeksi Agar Tidak Cepat Rusak - Dizaman yang serba modern ini, teknologi juga semakin berkembang ke arah yang lebih canggih. Khususnya peningkatan teknologi untuk kendaraan seperti motor. Dewasa ini, semakin banyak motor yang sudah tidak memakai sistem karburator lagi, melainkan teknologi baru yaitu injeksi.

Dengan pemakaian teknologi injeksi, diharapkan kendaraan bermotor dapat lebih hemat dalam pemakaian bahan bakar. Teknologi ini terus dikembangkan oleh para pabrikan motor untuk mendapatkan hasil yang memuaskan para konsumen, terlebih untuk konsumen yang tinggal di Negara dengan harga bahan bakar yang mahal seperti di Indonesia.

Meskipun injeksi memiliki banyak kelebihan daripada motor yang masih menggunakan karburator, tetapi teknologi injeksi juga memiliki kekurangan. Motor injeksi cenderung lebih mudah mendapat gangguan pada sistem pembakaran. Untuk itu, bagi kamu yang memiliki motor berteknologi injeksi, diharapkan dapat merawat motor dengan baik dan teratur. Artikel ini akan membahas bagaimana cara merawat motor injeksi agar kamu dapat memperbaikinya sendiri.

Cara Merawat Motor Injeksi Agar Tidak Cepat Rusak

Sebelum masuk ke cara merawat motor injeksi, ada baiknya kamu mengetahui apa itu injeksi terlebih dahulu.

Injeksi adalah cara masuknya bahan bakar kedalam ruang pembakaran dengan melalui sistem dorongan udara.

Hampir seluruh pabrikan motor sudah menerapkan teknologi injeksi untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh konsumennya. Karena dengan model pengapian fuel injection ini, kendaraan bermotor menjadi lebih irit bahan bakar.

Cara Merawat Motor Injeksi Supaya Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Motor Injeksi Agar Tidak Cepat Rusak

Untuk kamu yang memiliki motor fuel injection, ada baiknya selalu melihat jarak tempuh (kilometer) motor yang kamu miliki. Jika sudah mencapai jarak tempuh 2000 Km, maka sebaiknya ada beberapa komponen didalam motor yang harus diganti, karena jika tidak diganti akan menimbulkan beberapa masalah yang serius seperti pembakaran menjadi semakin boros, dan kinerja motor menjadi tidak maksimal.

Intinya, lakukan beberapa cara berikut ini agar motor injeksi selalu prima dan tidak cepat rusak. Selain itu, perawatan yang kamu lakukan akan mencegah terjadinya kerusakan pada bagian injektor.

Cara Merawat Motor Injeksi Agar Tidak Cepat Rusak


5 Cara perawatan harian motor injeksi:

  1. Sebelum menggunakan motor, terlebih dahulu panaskan motor sekitar 5-10 menit saja. Bertujuan agar sistem didalam mesin sudah dalam keadaan panas sewaktu digunakan
  2. JANGAN PERNAH, membiarkan bahan bakar kosong. Hal ini akan berakibat kosongnya saluran injeksi, dan akhirnya terjadi kerusakan pada sistem injeksi
  3. Hindarkan bagian dalam tangki motor dari kotoran atau debu
  4. Rutinlah untuk mengecek bagian pompa bahan bakar dan filter udara. Jika sekiranya sudah kurang layak, segeralah ganti.
  5. Pengecekan kelistrikan pada motor, dalam hal ini adalah aki. Kamu harus sering mengecek aki motor, agar kelistrikan dapat berjalan normal. Selain itu, jangan merubah perkabelan dengan cara menambah konsumsi daya untuk penambahan watt pada lampu atau hal lain yang tidak penting

Kerusakan beberapa sensor didalam sistem injeksi dapat berakibat pada rusaknya sistem injeksi itu sendiri. Akibatnya, motor injeksi akan sering mengalami mogok. Untuk itu, rutinlah melakukan perawatan yang benar untuk motor injeksi. Agar motor injeksi kamu tetap prima dan tidak cepat rusak.

Artikel Terkait

Bagaimana Cara Merawat Motor Injeksi Agar Tidak Cepat Rusak?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email